Laporan 8 strategi pembelajaran

 Nama : NURJATI

NIM.    : 11901060

KLS.     : PAI_4 I

ASSALMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH 

PUJI DAN SYUKUR ATAS KEHADIRAT ALLAH SWT SERTA SHOLAWAT DAN SALAM KITA PANJAT KAN KEPADA NAMBI BESAR KITA RASULULLAH SAW.

  1. A.    Strategi Pembelajaran PAI
    1. 1.      Pengertian Strategi Pembelajaran PAI

Kata “strategi” dalam kamus bahasa Indonesia mempunyai beberapa arti, antara lain:

  1. Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran.
  2. Ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapai musuh dalam kondisi yang menguntungkan.
  3. Tempat yang baik menurut siasat perang.[1]

Istilah strategi sering digunakan dalam banyak konteks pembelajaran, seperti yang diungkapkan oleh Nana Sudjana sebagai berikut: “strategi mengajar adalah taktik yang digunakan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien.” Sedangkan pembelajaran merupakan suatu proses membelajarkan peserta didik agar dapat mempelajari sesuatu yang relevan dan bermakna bagi diri mereka, disamping itu, juga untuk mengembangkan pengalaman belajar dimana peserta didik dapat secara aktif menciptakan apa yang sudah diketahuinya dengan pengalaman yang diperoleh. Dan kegiatan ini akan mengakibatkan peserta didik mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.[2]

Dengan demikian, Strategi Pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dari pengertian diatas, ada dua hal yang perlu dicermati, yaitu: pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran. Kedua,  strategi disussun untuk mencapai tujuan tertentu.[3]

Adapun pengertian strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam  adalah suatu strategi yang menjelaskan tentang komponen-komponen umum dari suatu set bahan pembelajaran pendidikan agama dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama-sama dengan bahan-bahan tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Komponen-komponen umum dari suatu set bahan pembelajaran pendidikan agama meliputi:

  1. Kegiatan pendahuluan,
  2. Kegiatan penyajian
  3. dan penutup. [4]
  4. 2.      Jenis-jenis Strategi Pembelajaran PAI

Berikut adalah jenis-jenis strategi pembelajaran secara umum:

  1. Strategi Pembelajaran Ekspoitri

Strategi Pembelajaran ekspoitri adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai pelajaran dengan optimal. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah.

  1. Strategi Pembelajaran Inkuiri

Strategi Pembelajaran inkuiri adalah rangkain kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan anilitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah.

 

  1. Strategi Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan strategi yang menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan yang memiliki latar belakang kemampuan, jenis kelamin, rasa tau suku yang berbeda.[5]

  1. 3.      Dasar untuk Memilih Strategi Pembelajaran PAI

Secara umum ada empat dasar dalam menentukan strategi pembelajaran, yakni:

  1. Mengindentifikasikan dan menetapkan kekhususan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan.
  2. Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan cita-cita dan pandangan hidup masyarakat.
  3. Memilih dan menetapkan metode belajar mengajar yang dianggappaling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalam menunaikan tuganya.
  4. Memilih dan menetapkan ukuran keberhasilan kegiatan belaja rmengajar sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru untuk melakukan evaluasi (penilaian).[6]

Selain empat dasar diatas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan juga sebelum mengembangkan strategi pembelajaran pendidikan agama, yakni:

  1. Tujuan pembelajaran umum pendidikan Agama (dapat dilihat pada silabus atau garis-garis besar program pembelajaran yang diberlakukan)
  2. Karakteristik bidang studi pendidikan Agama
  3. Karakteristik siswa yang akan mengikutinya (dapat diketahui melalui pre tes secara lisan maupun tertulis, angket dan lainnya)

Komentar

Postingan Populer